Apa Bedanya Tabungan Bri Simpedes dan Britama

Apa Bedanya Tabungan Bri Simpedes dan Britama? 2018

Diposting pada

Apa Bedanya Tabungan Bri Simpedes dan Britama? – Bank BRI merupakan bank pemerintah yang sangat populer di tanah air. Bukan hanya karena memiliki cabang yang merata di seluruh wilayah Indonesia namun juga beragam fasilitas yang sangat dekat di hati masyarakat. Tak heran, banyak sekali nasabah yang mempercayakan investasi masa depan mereka kepada BRI. Apa bedanya tabungan BRI Simpedes dan Britama? Kedua tabungan tersebut merupakan dua jenis tabungan yang paling populer dipilih oleh nasabah. Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan seperti di bawah ini.

Apa Bedanya Tabungan Bri Simpedes dan Britama?

  1. Setoran Awal. Perbedaan pertama ada di setoran awal. Ketika hendak membuka rekening anda harus mempersiapkan dana yang berbeda tergantung dari tabungan mana yang Anda pilih. Untuk Simpedes, Anda hanya perlu melakukan setoran awal sebesat Rp 100.000. Sedangkan untuk Britama, Anda harus menyiapkan dana awal sebesar Rp 250.000 untuk jenis ATM Classic serta Rp 10.000.000 untuk kartu ATM Gold. Jika saldo tabungan Anda berada di bawah saldo minimum tiap bulannya, baik Simpedes mau pun Britama akan mengenakan denda. Hanya saja biaya denda tabungan Simpedes lebih kecil, hanya Rp 5000 saja, sedangkan Britama membebankan denda sebesar Rp 10.000.
  2. Biaya Administrasi. Simpedes memang awalnya diperuntukkan untuk masyarakat pedesaan sedangkan Britama, yang dulunya bernama Simaskot (Simpanan Masyarakat Kota) ditujukan untuk masyarakat perkotaan. Perbedaan target pasar ini juga berimbas pada biaya dan denda yang dikenakan kepada masing-masing nasabah. Semuanya bisa kita lihat dari besarnya biaya administrasi kedua tabungan. Untuk Simpedes, nasabah hanya dikenakan biaya Rp 5.500, sedangkan Britama dua kali lipatnya, yaitu Rp 12.500.

Begitu pula dengan biaya kartu, setiap bulan nasabah Britama yang menggunakan ATM Classic dibebankan biaya sebesar Rp. 1000, sedangkan bagi nasabah dengan ATM Gold, dibebankan biaya sebesar Rp 4.500. Namun bagi nasabah Simpedes tidak ada penarikan biaya tambahan untuk kartu ATM-nya. Sudahkah penjelasan di atas menjawab pertanyaan apa bedanya tabungan BRI Simpedes dan Britama? Jika belum, maka masih ada perbedaan lainnya.

Advertisements
Advertisements
  1. Suku Bunga. Tabungan Britama memang terkenal lebih kompetitif. Jika Anda memiliki saldo tabungan hingga di atas Rp 1.000.000.000, Anda dapat menikmati bunga hingga mencapai  2,00%, sedangkan Simpedes, untuk jumlah saldo yang sama, hanya mendapat besaran bunga sekitar 1,50%.
  2. Asuransi Kecelakaan. Kelebihan dari tabungan Britama yang tidak dimiliki tabungan Simpedes adalah asuransi kecelakaan. Britama memberikan jaminan asuransi kecelakaan diri bagi nasabah yang memiliki saldo minimum Rp 500.000, dengan nilai maksimal 250% dari saldo atau maksimal Rp 150.000.000.

Semoga penjelasan di atas dapat membantu menjawab pertanyaan Anda mengenai apa bedanya tabungan BRI Simpedes dan Britama. Jika Anda masih menginginkan penjelasan lebih lanjut, Anda dapat mengunjungi kantor cabang BRI terdekat.

Advertisements

Tinggalkan Balasan