Apa itu Nomor Referensi Saat Transfer lewat ATM

Apa itu Nomor Referensi Saat Transfer lewat ATM

Diposting pada

Apa itu Nomor Referensi Saat Transfer lewat ATM – Kita sering menjumpai mesin ATM yang banyak didatangi oleh banyak orang untuk melakukan transfer lewat ATM. Sekarang ini pekerjaan para petugas bank diringankan dengan adanya mesin ATM.

Mesin ATM ini bisa kita jumpai di beberapa titik kota dan ada juga di mini market di tempat kita belanja. Saat kita melakukan transfer ke bank lain kita diharuskan mengetahui kode unik dari bank tersebut.

Advertisements

Selain itu, kita juga disuruh untuk mengisi nomor referensi saat kita akan deal melakukan transfer di ATM.

Apa itu kode bank?

Kode bank adalah kode unik yang harus kita cantumkan saat kita melakukan pentrasferan ke bank lain. Kode ini sudah ditetapkan dari masing-masing bank, dan tiap bank memiliki kode sendiri-sendiri.

Kode ini berjumlah tiga angka unik, namun nomor ini sangat berarti jika kita akan melakukan transfer ke bank lain. Terkadang kita salah artikan dengan nomor referensi.

Apa itu nomor referensi?

Nomor referensi adalah nomor yang kita masukan setelah kita memasukkan nominal yang akan kita transfer lewat  ATM. Nomor referensi ini bisa berisi kode unik yang kalian berikan atau ditetapkan oleh si penerima.

Atau bisa juga berisi kode identitas kalian, dan bisa juga berisi nomor hp kalian. Namun jika kalian jelas tujuan transfernya misal hanya sekedar transfer ke orang tua kalian, maka nomor referensi ini boleh dikosongkan saja.

Advertisements

Bagaimana cara transfer via ATM?

  • Kalian adalah nasabah bank dan memiliki kartu ATM untuk transaksi. Kemudian, datanglah ke mesin ATM terdekat yang ada di sekitar kalian.
  • Jika sudah, masukan kartu ATM kalian ke mesin ATM yang kalian gunakan. Kemudian pilih bahasa yang akan kalian gunakan misal kalian akan menggunakan bahasa Indonesia, maka kalian masukan atau pilih bahasa Indonesia.
  • Kemudian masukan PIN kartu ATM kalian. Pastikan tidak ada yang mengetahui PIN kartu ATM yang kalian gunakan.
  • Setelah masuk, maka ada beberapa menu transaksi yang bisa kalian pilih. Kemudian kalian pilih menu lainnya. Maka dalam menu lainnya kalian juga akan dihadapkan ke beberapa pilihan menu transaksi yang bisa kalian pilih. Kemudian kalian pilih menu transfer.
  • Dalam menu transfer maka kalian akan dihadapkan ke beberapa pilihan yaitu transfer ke sesama bank atau ke bank lain. Jika kalian akan mentransfer ke bank lain, maka kalian membutuhkan kode bank yang akan kalian transfer dan letakkan di awal nomor rekening. Namun jika tidak maka kalian langsung masukan nomor rekening yang akan kalian transfer.
  • Kemudian masukan nominal yang akan kalian transfer dan kemudian klik lanjutkan.
  • Kalian akan diharuskan mengisi nomor referensi, jika kalian diminta oleh pihak yang di transfer mengisikan nomor referensi bisa kalian isikan. Jika tidak bisa kalian kosongkan saja.

 

Apa itu Nomor Referensi Saat  Transfer lewat ATM

Transaksi berhasil, maka akan muncul bukti transfer lewat ATM yang bisa kalian simpan sebagai tanda bukti.

Advertisements

Tinggalkan Balasan