Bagaimana Contoh Surat Pernyataan Kehilangan Buku Tabungan?

Bagaimana Contoh Surat Pernyataan Kehilangan Buku Tabungan?

Diposting pada

Contoh Surat Pernyataan Kehilangan Buku Tabungan – Kehilangan buku tabungan bukan termasuk hal yang tidak mungkin terjadi di dalam masyarakat di mana kehilangan buku tabungan kerap kali terjadi pada nasabah perbankan.

Nasabah perbankan biasanya memiliki buku tabungan sebagai bentuk bukti kepemilikan rekening bank yang bersangkutan dan dijadikan sebagai alat dalam melakukan transaksi keuangan yang dilakukan di lembaga perbankan.

Advertisements

Lalu, bagaimana jika kartu tersebut hilang? Nah, untuk mengurus buku tabungan yang hilang biasanya pihak bank meminta nasabah untuk meminta surat keterangan kehilangan dari pihak kepolisian di wilayah yang bersangkutan.

Sebenarnya, seperti apa sih surat pernyataan kehilangan buku tabungan? Nah, bagi Anda yang penasaran mengenai format surat kehilangan untuk mengurus buku tabungan yang hilang maka simak uraian singkat di bawah ini. Check it out.

Bagaimana Contoh Surat Pernyataan Kehilangan Buku Tabungan?

Bagaimana Contoh Surat Pernyataan Kehilangan Buku Tabungan?

Dalam beberapa kasus kehilangan buku tabungan, syarat yang harus dipenuhi oleh calon nasabah dalam melakukan pengurusan buku tabungan yang baru salah satunya adalah surat kehilangan yang berasal dari aparat kepolisian.

Meskipun Anda berdomisili di wilayah lain (bukan lokasi kehilangan) maka Anda pun dapat meminta surat kehilangan pada kantor polisi pada lokasi kehilangan buku tabungan yang Anda miliki.

Advertisements

Biasanya, pihak kepolisian memiliki format tersendiri mengenai surat pernyataan kehilangan buku tabungan sehingga Anda tidak perlu repot-repot membuat format sendiri dari surat kehilangan buku tabungan tersebut.

Akan tetapi, tidak ada salahnya juga apabila Anda ingin mengetahui format surat kehilangan untuk mengurus buku tabungan yang hilang.

Format surat kehilangan untuk mengurus buku tabungan biasanya tidak berbeda jauh dengan bentuk surat kehilangan lainnya yang dapat dilakukan di dalam kantor polisi.

Di dalam surat tersebut biasanya terdapat pernyataan hilangnya buku tabungan dari lembaga perbankan apa dan nomor rekening buku tabungan tersebut.

Selain itu, beberapa data yang melengkapi surat kehilangan tersebut di antaranya adalah nama nasabah, jenis kelamin, umur, tempat tanggal lahir, kebangsaan, agama, no KTP, alamat asal hingga hari dan tanggal kejadian hilangnya buku tabungan tersebut dan penyebab hilangnya buku tabungan.

Masing-masing hal tersebut harus disiapkan oleh calon nasabah yang ingin membuat surat kehilangan pada kantor polisi dan pastikan Anda melakukan pengurusan surat kehilangan pada jam kerja sehingga akan menghasilkan hasil.

Cara membuat surat kehilangan bukan perkara yang sulit dan tidak jarang membutuhkan biaya yang harus disiapkan oleh Anda.

Mengurus surat kehilangan untuk keperluan pengurusan buku tabungan yang hilang dapat dilakukan secara mudah dan dalam waktu yang singkat dengan adanya tanda tangan jelas dari aparat kepolisian.

Setelah memiliki surat pernyataan kehilangan buku tabungan maka Anda dapat mengurusnya pada pihak bank atas kepemilikan buku tabungan yang baru.

Advertisements

Tinggalkan Balasan