Cara Mengurus Buku Tabungan Dan ATM Yang Hilang

Cara Mengurus Buku Tabungan Dan ATM Yang Hilang

Diposting pada

Cara Mengurus Buku Tabungan Dan ATM Yang Hilang – Jika ATM saja atau pun buku tabungan saja yang hilang mungkin setiap nasabah perbankan tidak akan pusing dan panik dalam mengurusnya karena satu di antara kedua hal tersebut dapat menggantikan fungsi satu sama lain.

Apabila ATM yang hilang maka nasabah dapat melalukan penarikan atau penyetoran dana melalui teller dengan membawa buku tabungan dan juga sebaliknya jika buku tabungan yang hilang maka nasabah dapat mengambil uang melalui mesin ATM.

Advertisements

Namun, bagaimana cara mengurus buku tabungan dan ATM jika keduanya hilang?

Cara Mengurus Buku Tabungan Dan ATM Yang Hilang

Bagaimana Cara Mengurus Buku Tabungan Dan Atm Yang Hilang?

Kehilangan buku tabungan sekaligus kartu ATM dapat saja terjadi dalam waktu yang bersamaan dengan berbagai faktor penyebab. Hal ini tentunya akan membuat para pemiliknya pusing bukan?

Nah, apabila hal tersebut terjadi pada diri Anda maka hal yang paling utama yang harus Anda lakukan adalah melakukan blokir rekening bank yang Anda miliki.

Cara Mengurus Buku Tabungan Dan ATM Yang Hilang

Dalam melakukan pemblokiran ini dapat dengan mendatangi secara langsung kantor cabang terdekat atau pun melalui layanan call center yang tersedia oleh pihak bank. Pemblokiran ini menjadi langkah yang paling utama untuk memastikan saldo dalam rekening bank yang Anda miliki aman.

Advertisements

Apabila ada kehilangan saldo sebelum pemblokiran maka pihak bank tidak akan bertanggung jawab atas kejadian tersebut namun jika saldo hilang setelah pemblokiran maka pihak bank akan membantu menelusuri dan juga memberikan jaminan pengganti atas kehilangan uang tersebut.

Pemblokiran rekening bank menjadi cara mengurus buku tabungan dan ATM hilang yang paling utama. Calon nasabah yang melakukan kehilangan kedua benda ini sebaiknya melakukan konfirmasi untuk pemblokiran melalui layanan telepon atau call center saja.

Karena apabila Anda mendatangi kantor cabang akan membutuhkan proses yang cukup lama melainkan melalui layanan tersebut maka cs hanya akan mengajukan beberapa bentuk pertanyaan saja pada calon nasabah seperti nomor rekening, penyebab kehilangan, apa transaksi terakhir yang dilakukan dan lain sebagainya.

Untuk mengurus buku tabungan dan ATM yang hilang, setiap calon nasabah perbankan harus menyiapkan beberapa berkas seperti surat keterangan kehilangan yang dapat diperoleh melalui kantor kepolisian, KTP atau sim card, kartu ATM dan lain sebagainya.

Apabila kelengkapan berkas telah terpenuhi maka Anda dapat mendatangi kantor cabang terdekat dan mendatangi pelayanan cs dari bank yang bersangkutan. Tunggu hingga cs memberikan nomor rekening dan buku tabungan baru untuk Anda.

Demikian cara mengurus buku tabungan dan ATM yang hilang. Apabila salah satu buku tabungan atau ATM saja yang hilang maka proses pengurusan akan lebih cepat sedangkan apabila buku tabungan dan juga ATM sekaligus hilang maka membutuhkan beberapa proses yang memakan waktu sehingga Anda harus bersabar dalam melakukannya.

Advertisements

Tinggalkan Balasan