Cara Menghitung Bunga Kartu Kredit

Inilah Cara Menghitung Bunga Kartu Kredit dan Ketentuannya

Diposting pada

Cara Menghitung Bunga Kartu Kredit dan Ketentuannya – Dalam rangka melindungi pihak pemegang, perhitungan bunga kartu kredit yang timbul perlu dalam setiap transaksi harus dilakukan oleh pihak penerbit kartu kredit tersebut dengan ketentuan seperti berikut ini:

Ketentuan Bunga Kartu Kredit

  1. Dasar penghitungan jumlah hari bunga atas utang dari kartu kredit serta perhitungan dan dimulai semenjak tanggal pembukuan penerbit kartu kredit. Posting atau tanggal pembukuan adalah tanggal riil dari penerbit dari kartu kredit saat membayar pada acquirer atas transaksi pembelanjaan pemegang kartu kredit atau saat melakukan pembayaran kepada pembuka ATM yang ditujukan untuk transaksi tarik tunai melalui kartu kredit.
  2. Perhitungan bunga dari kartu kredit atas tagihan selanjutnya dilakukan atas dasar jumlah dari sisa tagihan atas kartu kredit untuk transaksi perbelanjaan serta penarikan tunai yang belum dibayarkan atau outstanding.
  3. Denda terutang, biaya dan bunga terutang serta tagihan sebelum waktu jatuh tempo tidak diperbolehkan sebagai salah satu komponen penghitungan bunga kredit.
  4. Untuk transaksi, bunga dibebankan jika pemegang kartu kredit :
  • Tidak melakukan kewajibannya, yaitu melakukan pembayaran
  • Membayarkan tagihan kurang dari semua jumlah tagihan atas kredit (melakukan pembayaran dengan tidak full)
  • Melakukan pembayaran secara full setelah tanggal pembayaran telah jatuh tempo. Bunga atas transaksi belanja tak dibebankan jika pemegang kartu sudah melakukan pembayaran secara penuh selambat lambatnya pada saat tanggal jatuh tempo ataupun kelonggaran waktu untuk membayar yang diberikan dari pihak penerbit kartu.

Cara Penghitungan

Advertisements
Advertisements

Bunga Kartu Kredit contohnya di Bank BCA sebesar 3 % untuk setiap bulan atau sekitar 36 % untuk tiap tahunnya. Asumsikan bahwa tagihan Anda tersebut di  kirimkan pada tanggal 10 per bulan dan jatuh tempo untuk pelunasan adalah setelah 15 hari terhitung mulai tanggal tersebut.

Pada tanggal 14 Juni, Anda melakukan transaksi dengan jumlah sebesar Rp 1.500.000. berdasar tagihan, pada tanggal 29 Juni Anda membayarkannya sebesar 50 % dari total tagihan yaitu sebesar Rp 750 ribu sehingga sisa tagihan adalah sebesar Rp 750 ribu.

Menurut perhitungan secara manual, Anda menaksir berapa bunga yang nantinya ditampilkan pada tagihan bulan berikutnya adalah sebesar Rp 22.500 dengan cara penghitungan 3% x Rp 750ribu).

Inilah Cara Menghitung Bunga Kartu Kredit dan Ketentuannya

Pada sistem pembayaran untuk kartu kredit, ada interest free atau yang berarti periode bebas bunga,  Anda nantinya dibebaskan dari bunga jika melakukan pembayaran secara full sebelum  jatuh tempo tiap bulannya. Penghitungan bunga kredit setidaknya terdiri dari 3 komponen, yaitu :

  • Beban bunga atas transaksi individual
  • Beban bunga atas jumlah tagihan bulan berjalan
  • Potongan bunga atas pembayaran

Nah itulah beberapa penjelasan mengenai bagaimana cara menghitung bunga kartu kredit serta ketentuan dan beberapa hal lain yang berkaitan dengannya. Semoga informasi ini dapat membantu Anda dan dapat bermanfaat.

Advertisements

Tinggalkan Balasan