No Referensi Internet Banking Mandiri

No Referensi Internet Banking Mandiri

Diposting pada

No Referensi Internet Banking Mandiri – Pada artikel ini akan dijelaskan mengenai no referensi internet banking Mandiri. Suatu ketika saat hendak melakukan transaksi internet banking untuk pertama kalinya, mungkin Anda akan terkejut dan mengalami kesulitan karena menemukan kendala yang kurang Anda pahami. Kendalanya adalah Anda diminta untuk memasukkan nomor referensi yang Anda sendiri tak paham maksudnya.

Namun Anda dapat mengisikan kolom nomor referensi tersebut dengan angka yang random atau angka berapa saja. Akan lebih baik jika angka yang dimasukkan berkaitan dengan data transaksi.

Advertisements

Misalkan jika Anda transfer dengan tujuan untuk pembayaran karena belanja online, maka Anda dapat mengisikan nomor in voice pada kolom no referensi.

No Referensi Internet Banking Mandiri

 

Jika muncul pesan “Transaksi tidak dapat diproses Referensi tagihan tidak benar”, maka Anda perlu mengecek apakah nomor tagihan sudah benar atau belum pengetikannya. Atau terkadang antara bank Mandiri dengan bank penagih yang bersangkutan belum support satu sama lain sehingga dapat menyebabkan transfer gagal.

Lebih jelas lagi, Anda dapat menghubungi call center bank Mandiri di nomor 14000 atau (021) 5299-7777 dari telepon rumah maupun smartphone Anda.

No Referensi Internet Banking Mandiri

No referensi internet banking merupakan kode atau nomor yang dimasukkan saat transfer antar bank agar sesuai dengan bank yang dituju. Nomor ini biasanya dibutuhkan saat Anda hendak melakukan transaksi atau mengirimkan uang di mana bank yang dituju berbeda dengan bank Anda. Jumlah no referensi biasanya sebanyak 16 digit.

Advertisements

Saat melakukan transfer Anda diperbolehkan untuk mengisi kolom no referensi atau tidak usah. Pada dasarnya nomor referensi dapat diisi dengan angka berapa pun.

Nantinya, nomor ini akan disampaikan kepada penerima transfer atau hanya dikonfirmasikan ke pihak bank jikalau ada masalah dengan proses transfernya.

No referensi tidak ditetapkan oleh masing-masing bank karena no tersebut merupakan kode transaksi yang dapat disepakati oleh pihak pengirim maupun pihak penerima saldo. Sebagai contoh, Anda membeli sebuah sepatu secara online dengan metode pembayaran transfer uang atau saldo rekening penjual. Kebetulan nomor rekening yang Anda gunakan untuk transfer adalah rekening bank Mandiri dan penjual menggunakan bank BRI.

Untuk memastikan penjual tersebut dapat mengenali uang yang ditransfer dari rekening Anda, sebelumnya Anda dan penjual telah menyepakati untuk nantinya akan mencantumkan nomor referensi sebagai contoh 1234567812345678. Nah nomor tersebut Anda masukan transaksi berhasil dan saldo telah di debet pada rekening bank Mandiri.

Perlu diketahui bahwa no referensi berbeda dengan kode Bank. Jika kode bank telah ditentukan masing-masing untuk melakukan transaksi. Fungsi dari no referensi sebenarnya adalah untuk memudahkan proses pelacakan data. Misalnya seperti penjual yang ingin melacak customernya.

Nah demikian itulah sedikit informasi mengenai no referensi internet banking Mandiri. Semoga dari tulisan ini Anda dapat terbantu.

Advertisements

Tinggalkan Balasan