Pemerintah Siapkan Paket KUR Tanpa Agunan, Apa Syaratnya?

Pemerintah Siapkan Paket KUR Tanpa Agunan, Apa Syaratnya? 2018

Diposting pada

Pemerintah Siapkan Paket KUR Tanpa Agunan, Apa Syaratnya? – Halo, buat kamu yang sangat ingin menjadi seorang pengusaha, tidak perlu khawatir lagi. Tunggu, bagaimana bisa? Bagaimana jika keinginan untuk mendirikan usaha sudah ada, tetapi modal menjadi sebuah hambatan yang besar?

Advertisements

Eits, mungkin kalian belum tau, nih.. Pemerintah sudah menyiapkan paket KUR alias Kredit Usaha Rakyat bagi kalian yang ingin menjadi calon para UKM atau Usaha Kecil Menengah. Dan perlu kalian tahu, kredit ini tanpa agunan, lho! Tertarik? Simak artikel berikut ini!

Pemerintah Siapkan Paket KUR Tanpa Agunan, Apa Syaratnya?

Pemerintah saat ini memang sangat getol untuk mengembangkan usaha lokal yang bersifat mikro dan kecil. Karena memang perannya sudah sangat terlihat dalam pertumbuhan ekonomi negara. Untuk itu, pemerintah membuktikan dengan aksi bantuan program Kredit Usaha Rakyat (KUR).

Dan kredit ini bisa kalian gunakan untuk usaha dalam sektor apapun! Mulai dari kuliner, tekstil, peternakan, pertanian, perkebunan, sampai dengan jasa.

Kebijakan KUR ini adalah kredit tanpa agunan dengan bunga fix sebesar 9% untuk usaha mikro tapi juga diberikan syarat berupa maksimal melakukan pinjaman sebesar Rp 25 juta. Ini menteri sendiri, lho, yang bilang.

Yaitu Menteri Koperasi dan UKM Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga. Bahkan kebijakan ini merupakan instruksi langsung dari orang nomor satu di Indonesia, Presiden Joko Widodo.

Advertisements

Jadi, jika kalian sudah datang ke bank penyalur dana  ini tapi masih diminta agunan, segera lapor ke dinas terkait ya. Nah, perlu kalian tahu, ada tujuh bank yang ditunjuk oleh Kementrian Koperasi dan UKM ini sebagai bank penyalur KUR. Berikut di bawah ini adalah bank penyalur Kredit Usaha Rakyat :

  • Bank Rakyat Indonesia (BRI),
  • Bank Mandiri,
  • Bank Nasional Indonesia (BNI),
  • Bank Maybank,
  • Bank Sinarmas,
  • Bank BPD (Bank Pembangunan Daerah) Kalimantan Barat,
  • Bank BPD NTT.

Kemudian, berikut adalah syarat lain yang ditetapkan jika kamu ingin mendapat kredit tanpa agunan (KTA) ini :

  • Dokumen identitas debitur
  • Surat Izin Tempat Usaha (SITU)
  • Sebagai debitur, kalian tidak akan mendapat kredit ini jika sedang menerima kredit lain dari bank.
  • Dan yang terpenting adalah lolos survei dari bank. Karena bank akan memeriksa usaha kamu, layak atau tidakkah untuk diberi pinjaman. Jadi, pastikan jika usaha kamu berjalan dengan lancar dengan kondisi keuangan yang stabil, ya!

Selain para pengusaha kecil dan mikro, ada juga pihak-pihak lain yang dapat diberi Kredit Usaha Rakyat (KUR) ini, diantaranya adalah calon Tenaga Kerja Indonesia (TKI), purna TKI, orang yang bekerja magang di luar negeri, salah satu anggota keluarga dari karyawan yang memiliki pendapatan tetap atau yang sedang bekerja sebagai TKI, dan juga pekerja yang terkena Pemutusan Hubungan Kerja (PHK).

Untuk lebih lengkap mengenai Pemerintah Siapkan Paket KUR Tanpa Agunan, Apa Syaratnya? – Silakan kunjungi website : http://kur.ekon.go.id/ di website tersebut kamu bisa menemukan Buku Peraturan KUR. Selamat ber-UKM!

Advertisements

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *