Bahaya Memberikan Nomor Rekening Kepada Orang Lain 2020

Diposting pada

Bahaya Memberikan Nomor Rekening Kepada Orang Lain – Nomor rekening adalah deretan angka yang akan Anda dapatkan saat membuat rekening di Bank. Nomor ini berfungsi sebagai identitas Anda sebagai nasabah. Banyak orang yang tidak mengetahui bahaya memberikan nomor rekening kepada orang lain karena mereka menganggap bahwa nomor rekening tidak akan bisa digunakan untuk mencuri uang di dalam rekening.

Padahal, banyak orang tidak bertanggung jawab yang bisa menyalahgunakan nomor rekening Anda. Misalnya saja untuk melakukan penipuan. Pada dasarnya, memberikan nomor rekening kepada orang lain tidaklah berbahaya. Asalkan rekening tersebut memang digunakan dengan sepengetahuan pemiliknya.

Advertisements

Bahaya Memberikan Nomor Rekening Kepada Orang Lain

Pasalnya sekarang ini cukup banyak kasus tentang rekening yang disalahgunakan oleh orang lain yang hendak melakukan penipuan. Dimana nomor rekening yang “dipinjam” tersebut dipakai sebagai alat untuk menipu orang lain. Alhasil, pemilik nomor rekening tersebutlah yang akan terkena masalahnya. Bahkan, adapula yang sampai masuk penjara karena nomor rekeningnya digunakan oleh penipu yang mengatas namakan dirinya.

Sangat bahaya bukan? Kasus ini tidak hanya terjadi satu atau dua kali saja, melainkan sudah tidak terhitung jumlahnya. Sementara pemilik rekening yang tidak tahu apa-apa justru terkena masalah yang ditimbulkan oleh penipu. Awalnya, penipu akan mengatakan kepada Anda untuk meminjam rekening karena akan dipakai untuk menerima transfer dari kerabat dekatnya.

Advertisements

Tanpa rasa curiga, tentunya Anda akan memberikan nomor rekening kepada penipu yang sebenarnya sudah Anda kenal. Tak lama kemudian, ada uang yang masuk ke rekening Anda sekitar 1 juta. Secara otomatis, Anda akan memberikan uang tersebut kepada peminjam nomor rekening yang mungkin sudah Anda anggap sebagai teman atau saudara.

Setiap minggu Anda mendapatkan transfer dari rekening yang Anda sendiri tidak tahu dan memberikan uangnya pada sang penipu. Bahaya memberikan nomor rekening kepada orang lain ini akan mulai terlihat ketika nomor rekening Anda tiba-tiba diblokir oleh pihak bank.

Alasannya? Tentu saja karena rekening Anda terindikasi sebagai rekening milik penipu yang sudah melakukan penipuan ke banyak orang. Padahal Anda tidak tahu apa-apa, karena hanya meminjamkan nomor rekening ke “seseorang” yang ternyata adalah penipu.

Atas kejadian tersebut, sangat besar kemungkinannya jika Anda akan ditahan polisi karena dianggap sebagai penipu atau komplotannya. Karena polisi tentunya tidak akan mudah percaya dengan cerita Anda yang hanya meminjamkan nomor rekening.

Jika tidak ingin hal tersebut terjadi kepada Anda, maka jangan sekalipun Anda memberitahukan nomor rekening bank kepada orang lain, terutama jika tujuannya adalah untuk menerima transfer dari orang lain. Untuk mengantisipasinya, sarankan saja kepada orang yang hendak meminjam tersebut untuk membuka rekening bank sendiri.

Tapi jika Anda memang yakin dengan si peminjam dan merasa tidak akan terjadi hal-hal yang merugikan, maka memberikan nomor rekening bukanlah menjadi masalah. Nah, sekarang Anda sudah paham bukan dengan bahaya memberikan nomor rekening kepada orang lain?

Advertisements

Tinggalkan Balasan